Selasa, 21 Juli 2009

SEJARAH PHP


PHP diciptakan pertama kali oleh Andi Gutmans untuk menghitung berapa banyak pengunjung yang mengakses web yang dibuatnya.
Namun seiring dengan perkembangan internet, dirilislah PHP/FI dan selanjutnya PHP2.
Kemudian oleh sekolompok orang yang terdiri dari Rasmus Lerdorf, Andi Gutmans, dan Jim Winstead, dirilislah PHP3 yang mengalami penyempurnaan dari PHP/FI dan PHP2.

PHP 3 telah mampu digunakan untuk membangun aplikasi web dengan koneksi database yang cukup banyak.

Setelah PHP 3 di rilis, kemudian keluarlah PHP 4 yang merupakan versi pengembangan dari PHP 3 dengan menambahkan fungsi-fungsi seperti Zend Engine http://www.zend.com sehingga lebih cepat, kuat, stabil dan mudah untuk berinteraksi dengan berbagai aplikasi pendukung lainnya.

Hingga saat ini telah di rilis PHP versi 5 yang merupakan kelanjutan dari PHP versi 4.

Namun kebanyakan web programmer (developer) hingga saat ini masih belum banyak yang mengadopsi PHP 5 walaupun sebentar lagi akan dirilis PHP versi 6.

Kelebihan PHP dari bahasa pemrograman lain

  • Bahasa pemrograman php adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
  • Web Server yang mendukung php dapat ditemukan dimana - mana dari mulai IIS sampai dengan apache, dengan configurasi yang relatif mudah.
  • Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
  • Dalam sisi pemahamanan, php adalah bahasa scripting yang paling mudah karena referensi yang banyak.
  • PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (linux, unix, windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar